Enter your keyword

Apa Itu Epoxy Flooring? Cara Menggunakan & Manfaatnya

Apa Itu Epoxy Flooring? Cara Menggunakan & Manfaatnya

Apa Itu Epoxy Flooring? Cara Menggunakan & Manfaatnya

Istilah epoxy flooring Indonesia mungkin tidak asing lagi dalam bidang industri, apa itu epoxy flooring? Epoxy flooring yaitu finishing lantai.

Bahan yang digunakan dalam epoxy lantai adalah epoxy resin dan hardener, dengan komposisi tertentu.

Epoxy flooring tidak hanya digunakan pada pabrik, pelabuhan, hotel, rumah sakit, bandara, sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lainnya.

Lantai rumah Anda juga bisa dilapisi epoxy flooring, misalkan epoxy pada garasi rumah, untuk mencegah lantai rusak, karena ditaruh kendaraan.

Umumnya, peran pelapis epoxy lantai adalah menguatkan lantai beton, karena fungsinya tersebut, epoxy sangat dibutuhkan dalam bidang industri.

Misalkan pabrik, epoxy akan melindungi lantai beton dari gesekan atau getaran alat berat maupun kendaraan pengangkut yang dimasukkan ke  pabrik.

Baca juga : Jasa Floor Hardener

Mengenai, apa itu epoxy flooring? Selain epoxy lantai yang polos dan bermotif, ada juga epoxy lantai 3D atau tiga dimensi.

Orang-orang yang berorientasi dengan nilai estetik, visual lantai akan terlihat lebih bagus dan menarik perhatian.

Aplikator epoxy flooring di Indonesia sendiri sudah sangat menjamur dan mudah ditemukan. Biasanya, aplikator epoxy membuka konsultasi dan survei gratis, bagi para pengguna jasa epoxy lantai.

Ada juga garansi yang penyedia jasa epoxy berikan kepada client-nya, agar klien dapat melihat secara langsung kualitas epoxy lantai tersebut.

Namun, harga epoxy flooring sendiri berbeda-beda, tergantung dari kualitas cat dan brand.

Terkait apa itu epoxy flooring? Anda dapat memilih brand epoxy flooring yang berkualitas bagus, sehingga dapat melindungi lantai rumah. Atau, Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai yang berkualitas dan terpercaya.

Cara Menggunakan Epoxy Flooring

Manfaat Menggunakan Epoxy Flooring untuk Industri

Sebelumnya telah dibahas apa itu epoxy flooring? Ada beberapa cara menggunakan cat epoxy lantai, berikut ini ulasannya.

1. Mempersiapkan Permukaan Lantai

Persiapan substrat bertujuan untuk memastikan adanya adhesi yang terjadi antara substrat dan produk epoxy. Biasanya, metode yang digunakan dan sesuai dengan kondisi lantai adalah pengamplasan, tetapi permukaan lantai yang terkena minyak, harus membutuhkan perlakuan khusus.

2. Membersihkan Lantai

Membersihkan partikel debu menggunakan vakum industri atau menyapu lantai, hal ini penting dilakukan. Jika, partikel debu dan residu terjebak dalam lapisan cat, dapat menyebabkan adhesi melemah serta fungsi epoxy lantai mengalami penurunan.

3. Lantai Dilapisi dengan Cat Primer

Epoxy lantai membutuhkan lapisan cat primer, agar lantai kuat dan tahan lama, serta adhesinya juga menjadi lebih baik ke substrat. Berkaitan apa itu epoxy flooring? Peran cat primer yaitu melapisi substrat dan mencegah adanya gelembung dan gas.

4. Aplikasikan Cat Epoxy Lapisan Pertama

Ketika mengaplikasikan cat epoxy lapisan pertama, hal yang Anda lakukan di awal adalah mencampurkan resin epoxy dengan hardener (pengeras). Pakai mixer listrik untuk mengaduknya secara merata selama dua menit, pencampuran bahan yang buruk akan berpengaruh pada hasil epoxy lantai.

5. Gunakan Roller Pada Cat Epoxy

Roller yang digunakan adalah yang berkualitas baik, sebab roller berkualitas buruk menjadikan cat mudah terlepas. Sebelum melapisi cat, Anda bisa menunggu selama 24 jam, agar cat sebelumnya benar-benar kering.

6. Menerapkan Lapisan Terakhir

Sebelum menerapkan lapisan terakhir, pastikan lubang dan retakan telah terisi, serta tidak ditemukan debu. Hal ini bertujuan agar hasil epoxy lantai memuaskan dan tidak bertekstur jelek di permukaan akhir.

Manfaat Menggunakan Epoxy Flooring untuk Industri

 

Cara Menggunakan Epoxy Flooring

Dari pembahasan apa itu epoxy flooring? Cat epoxy lantai dapat menjadi perantara untuk meningkatkan produktivitas kerja serta keselamatan para pekerja.

Seperti, pabrik makanan, farmasi, serta laboratorium, membutuhkan lantai higienis yang mudah dibersihkan, serta tahan pada bahan kimia.

Ada beberapa manfaat menggunakan cat epoxy bagi industri. Mengenai apa itu epoxy flooring? Pelapis lantai epoxy berbahan resin dapat menghilangkan limbah potongan ubin.

Selain itu, sebagian besar komponen pada cat epoxy kandungan VOC sebanyak nol. Lantai maupun beton yang dilapisi cat epoxy menjadikan kotoran, zat surplus serta bahan kimia pada permukaan lantai, lebih mudah dibersihkan.


Jasa Kami diberbagai kota, diantaranya :


Garis nat yang berkurang menjadikan sanitasi lebih cepat, serta waktu yang dibutuhkan untuk menggosoknya lebih sedikit.

Pemasangan epoxy lantai memakan waktu yang relatif singkat, selain itu terdapat berbagai warna maupun pola yang dapat Anda pilih.

Lantai beton yang memiliki lapisan epoxy ini, permukaannya aman serta monolitik, dan terbebas dari retakan dan ketidakrataan. Hal ini dapat menjaga lift kargo dan ban kendaraan agar tetap utuh.

Epoxy flooring membuat warna lantai lebih terang, serta mampu menyala karena refleksi, jika epoxy lantai yang dipilih adalah gloss tinggi.

Cat epoxy lantai yang berkualitas baik, sifatnya tahan terhadap bahan kimia maupun paparan Ph yang ekstrem.

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, apa itu epoxy flooring? Dapat diketahui bahwa cat epoxy di Indonesia sangat banyak diaplikasikan dalam bidang industri.

Bukan hanya industri, epoxy lantai juga dapat digunakan oleh rumahan, seperti pada garasi atau kamar mandi.

Jika Anda menggunakan jasa epoxy lantai, bisa memilih seperti apa pola untuk melapisi lantai Anda. Saat ini, epoxy lantai bisa diaplikasikan dengan warna polos, bermotif, bahkan tiga dimensi.

Jika Anda senang dengan hal yang berbau estetik, maka epoxy berbentuk tiga dimensi sangat cocok untuk dipilih.

Bagaimana jika Anda ingin menggunakan cat epoxy pada lantai? Jangan khawatir, keberadaan aplikator epoxy lantai di Indonesia sangat mudah ditemukan.

Biasanya, aplikator epoxy lantai menawarkan konsultasi dan survei gratis bagi calon pelanggannya, tersedia juga garansi, agar dapat menilai hasil pengerjaan.

Harga jasa epoxy lantai di Indonesia pun bervariasi, begitu juga dengan harga cat epoxy, yang tergantung brand dan kualitasnya.

Pengaplikasian cat epoxy lantai tentu berbeda dengan cat dinding, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum menggunakan cat epoxy lantai.

Contohnya, lantai yang akan dilapisi cat epoxy harus dibersihkan dari partikel debu dan reduksi, agar fungsi epoxy tidak mengalami penurunan.

Fungsi epoxy lantai sendiri adalah membantu lantai beton agar lebih kuat, tahan lama, dan tahan terhadap bahan kimia. Bisa dikatakan, epoxy lantai dapat meningkatkan produktivitas kerja dan keselamatan kerja.

Lantai yang dilapisi cat epoxy juga dapat menghemat pengeluaran, teksturnya yang kuat, membuat lantai tidak mudah retak dan rusak. Serta, lebih mudah dibersihkan.


PT INDOJAYA MULTI KARYA
☎0811111264  Chat via WA
Jasa Epoxy Lantai Murah Bergaransi