Enter your keyword

Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang

Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang

Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang

Apakah fungsi epoxy hanya untuk melindungi lantai dari bahan kimia saja? Mungkin saja tidak, coba cek info di bawah ini.

Mengenal Bahan Epoxy

Sebelum mengetahui fungsi epoxy, mungkin Anda perlu tahu apa itu epoxy. Pernahkah Anda melihat lantai warehouse atau gudang yang tampak mengkilap dan berwarna-warni?

Apa yang membuat lantai gudang tersebut terlihat menarik seperti itu? Lantai gudang tersebut bisa terlihat mengkilap dan berwarna-warni dikarenakan memakai epoxy.  Epoxy adalah bahan kimia yang didapatkan dari proses polimerisasi.

Material tersebut berbahan dasar dari lateks atau akrilik yang dicampur dengan epoxy. Kemudian diolah sampai mempunyai sifat termoset atau tidak mudah meleleh ketika dipanaskan.

Selain bersifat termoset, cat ini juga  tahan terhadap bahan kimia, tahan korosi, mudah dibersihkan, dan mempunyai tampilan mengkilap dan berwarna-warni. Sehingga cocok untuk lantai beton, seperti lantai garasi, warehouse atau gudang, lantai pabrik, dan sebagainya.

Jasa Epoxy Lantai Tegal

Perbedaan Cat Epoxy dan Coating

Menurut sejarahnya, epoxy pertama kali ditemukan pada tahun 1930-an di Swiss dan Amerika Serikat. Setelah itu dilakukanlah pengembangan lebih lanjut untuk material ini.

Baru pada tahun 1946 epoxy diproduksi sebagai sebagai perekat atau lem epoxy. Kemudian di tahun 1947 dikembangkan lagi kualitasnya agar bisa lebih ramah lingkungan.

Hingga saat ini berbagai variasi epoxy pun telah muncul di pasaran. Sebut saja seperti epoxy coating dan epoxy paint (cat epoxy). Kedua epoxy ini memang terdengar sama.

Namun epoxy coating dan epoxy paint atau cat epoxy adalah dua hal yang berbeda. Sehingga terkadang membuat beberapa orang merasa sedikit bingung saat memilihnya. Lantas apa yang membuat keduanya berbeda?

Perbedaan antara kedua material ini terletak pada 3 aspek, yaitu aspek pengaplikasian, daya tahan, dan harganya.

jasa epoxy lantai jogja

 

Proses Pengaplikasian

Pada saat proses pengaplikasian cat epoxy tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Hanya memakai roll, kuas, dan beberapa alat lainnya.

Hal ini tentu saja memudahkan pekerja saat mengaplikasikannya. Apalagi material tersebut tidak perlu diaplikasikan sampai berlapis-lapis.

Proses pengerjaan cat epoxy tersebut tentu saja berbeda dengan coating epoxy yang memerlukan tenaga ahli untuk mengaplikasikanya.

Supaya coating epoxy benar-benar melekat dengan baik di lantai beton. Lagi pula pelapis tersebut harus dikombinasikan dengan pengeras poliamina.

Pengguna poliamina ini harus dengan dosis yang tepat untuk daya rekat yang terbaik. Selain itu, proses pembersihan lantai pun perlu dilakukan sebelum cat ini dituangkan ke atas lantai. Pastikan juga pori-pori lantai beton telah membuka dan mempunyai kelembaban yang pas.

Dari aspek harga cat epoxy tentu lebih ekonomis. Ditambah cat tersebut bisa diaplikasikan sendiri tanpa bantuan seorang ahli. Hasilnya pun cukup glossy dan menarik dengan warnanya yang beragam.

Perlu diperhatikan jika cat epoxy memang tahan terhadap goresan, akan tetapi tidak terlalu kuat jika terkena goresan yang sangat kuat dan terlalu sering. Sehingga cat epoxy sedikit tentang terhadap kerusakan.

Berbeda dengan coating epoxy yang harganya lebih mahal dengan kualitas yang lebih baik. Pelapis ini lebih tahan terhadap goresan tinggi, noda maupun bahan kimia. Tampilannya pun terlihat lebih terkesan mewah, karena terlihat glossy dan memiliki banyak pilihan warna.

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Epoxy Lantai Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Epoxy Anda

jasa Epoxy Lantai Gudang - FB

Apa Fungsi Epoxy untuk Gudang?

Hingga saat ini epoxy telah berkembang pesat dan banyak digunakan pada berbagai proyek bangunan. Khususnya untuk pengerjaan proyek lantai beton. Karena memang kualitasnya yang sangat baik dan harganya bersaing.

Namun sebenarnya apakah fungsi epoxy untuk lantai gudang? Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai fungsi dari material tersebut.

1. Melindungi Lantai dari Bahan Kimia, Noda, dan Kotoran

Dari uraian diatas, mungkin sekilas tentang fungsi epoxy telah sedikit tergambarkan. Epoxy memang sangat berguna untuk meningkatkan mutu lantai beton. Bagaimana tidak? Material tersebut dapat membuat lantai gudang menjadi tahan terhadap bahan kimia.

Sehingga membuatnya tidak mudah rusak saat Anda mengepel lantai dengan memakai bahan kimia pembersih.

Jangan khawatir pula jika lantai tersebut terkena oli atau tumpah minyak, karena lantai gudang yang memakai epoxy tidak akan mudah rusak.

Selain itu lantai juga mudah dibersihkan. Jika lantai terkena noda seperti oli atau minyak, maka cukup lap atau pel sampai bersih.

2. Melindungi Lantai dari Benturan atau Gesekan

Fungsi epoxy yang selanjutnya adalah melindungi lantai gudang dari goresan maupun benturan. Fungsi ini tentunya sangat penting dan dibutuhkan untuk lantai gudang yang sering menerima beban berat. Misalnya area gudang yang sering dilintasi oleh alat-alat berat, seperti forklift.

Sehingga membutuhkan perlindungan lebih dari benturan dan goresan yang diakibatkan oleh mobilitas alat-alat berat tersebut. Epoxy dapat memproteksi lantai dari goresan maupun benturan yang kuat.

Karena sifatnya yang keras dan daya tahannya tinggi. Sehingga potensi kerusakan dan biaya perbaikan lantai gudang yang mahal pun dapat diminimalisir.

Mengingat biaya perbaikan untuk lantai mahal itu sangat mahal. Maka tak ada salahnya jika memakai epoxy untuk menghindari hal tersebut.

3. Menambahkan Estetika Lantai

Selain berfungsi sebagai pelindung lantai, epoxy juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika pada lantai gudang.

Lantai gudang dapat terlihat lebih profesional dengan warna yang menarik dan dan beragam. Sehingga pemilihan warna-warna epoxy bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tampilan warna yang beragam ini akan terkesan lebih mewah dengan kilau epoxy yang bisa terpancar saat terkena cahaya. Karena memang epoxy memiliki tampilan yang mengkilap dan berkilau.  Lantai pun terkesan lebih rapi dan bersih.

4. Menambahkan Keamanan Lantai

Fungsi lainnya adalah untuk menambah keamanan lantai. Misalnya penerapan warna yang berbeda pada area gudang. Dapat dilihat dari area lalu lintas alat berat mempunyai warna yang berbeda dengan warna area lalu lintas pekerja.

Sehingga pekerja dan alat berat mempunyai area lalu lintas tersendiri dan keamanan mobilitas di gudang bisa lebih terjaga.

Selain itu, epoxy juga bisa membuat lantai anti slip dan tidak terlalu licin, sehingga tidak mudah membuat orang tergelincir saat melintasinya.

Maka dari itulah fungsi epoxy juga bisa lebih dari menambah estetika namun juga menambah tingkat keamanan lantai.

5. Menambahkan Nilai Jual Bangunan

Kemudian menuju fungsi akhir dari epoxy adalah dapat meningkatkan nilai jual bangunan. Lantai bangunan yang memakai epoxy bisa saja mempunyai kualitas yang lebih unggul dibandingkan lantai beton polosan.

Hal ini dapat dilihat dari segi daya tahan, kemampuan proteksi, keamanan, dan tampilannya. Sehingga bangunan yang mempunyai lantai epoxy bisa berpeluang mempunyai nilai jual yang bagus.

Demikianlah beberapa fungsi epoxy kali ini. Apabila Anda ingin memaksimalkan proses pengaplikasian epoxy dengan kontraktor yang tepat, maka Indojaya Multi Karya adalah perusahaan jasa epoxy lantai yang recommended. Karena memiliki pengalaman dan garansi yang reliable.


info Jasa epoxy lainnya :

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Epoxy Lantai Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Epoxy Anda
Summary
Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang
Article Name
Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang
Description
Selain Tahan Kimia, Ini 5 Fungsi Epoxy Lainnya Bagi Gudang, Lapisan PU merupakan sebuah cat lantai yang menggunakan resin
Author
Publisher Name
Indojaya multi karya

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.