Enter your keyword

Menghitung Harga Borongan Epoxy Lantai Secara Tepat

Menghitung Harga Borongan Epoxy Lantai Secara Tepat

Menghitung Harga Borongan Epoxy Lantai Secara Tepat

Apakah Anda sudah tahu berapa harga borongan epoxy lantai? Jika Anda menemukan tampilan lantai mengkilap pada beberapa tempat seperti perkantoran, pabrik, dan rumah sakit, disitulah digunakan epoxy lantai. Epoxy sendiri merupakan sebuah bahan kimia resin yang dihasilkan dari polimerisasi epoksida.

Apa Itu Epoxy Lantai?

Pelapisan permukaan lantai menggunakan cat ini menghasilkan tampilan yang mengkilap dan mulus seperti marmer. Pelapis lantai ini pertama kali diformulasikan pada tahun 1930-an di Amerika dan Swiss.

Sejak saat itu, epoxy terus dikembangkan hingga pada 1964 menjadi bahan pelapis atau cat. Bahan pelapis atau cat ini diformulasikan dari resin hasil polimerisasi epoksida.

Resin polimerisasi ini kemudian dikenal dengan resin thermosetting yang membentuk ikatan molekul serat pada suatu struktur antar polimernya.

Rangkaian yang membentuk cat epoxy tersebut memiliki proses pembentukan awal berupa cairan yang bereaksi kimiawi menjadi padatan.

Polimer epoxy ini memiliki sifat tahan terhadap perubahan sehingga berbeda dengan bahan-bahan kimia lainnya. Epoxy lantai biasanya dibuat dari dua komponen berbeda yaitu resin dan komponen pengeras atau hardener.

Resin merupakan bahan yang sifatnya ringan, transparan, dan tidak berbau. Sedangkan hardener merupakan bahan yang dapat membentuk reaksi ikatan silang kimia antara oligomer untuk membentuk lapisan film epoksi.

Cat epoxy ini biasanya digunakan pada permukaan area seperti beton, kayu, logam, ubin, dan sebagainya. Setiap jenis cat epoxy memiliki ciri, karakter, dan harga yang bervariasi.

Harga Cat Lantai Epoxy

Keunggulan Menggunakan harga borongan dibandingkan harga satuan

Bahan finishing untuk lantai jenis epoxy memang banyak diminati orang, khususnya Anda yang bekerja di bidang industri berat. Namun, kini cat ini sudah banyak digunakan pada bangunan-bangunan lain hingga ke rumah-rumah.

Epoxy lantai membuat lantai menjadi mengkilap dan lebih terlindungi. Ketahui beberapa keunggulan dari pengaplikasian cat ini agar Anda tidak menyesal nantinya.

Ketika Anda menggunakan harga borongan epoxy lantai, maka budgetnya lebih terjamin dan dapat diukur sebelum mengeksekusi pekerjaan epoxy lantai. Dan hasil akhir dari cat ini tampak mewah seperti menggunakan lantai granit dan lantai marmer.

Anda juga dapat memilih tampilan yang indah yang dibuat dengan lukisan yang tampak nyata. Lapisan cat ini juga terbukti lebih tahan terhadap bahan kimia.

Hasil tes membuktikan jika epoxy lantai dapat menahan bahan kimia lain lebih baik dibandingkan material lain seperti keramik. Oleh karena itu, bahan ini banyak diaplikasikan di area rumah sakit, industri, dan laboratorium.

Tak hanya itu, pengecatan epoxy juga memiliki daya tahan yang kuat dan lama. Epoxy memiliki daya tahan yang kuat dalam menjaga bentuk lantai sehingga mempengaruhi lama umur pemakaian epoxy.

Keunggulan lain yang ditawarkan cat epoxy adalah harga borongan epoxy lantai yang cukup terjangkau. DIbandingkan jenis cat lantai yang lain, harga cat ini memiliki perbedaan yang cukup besar.

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Epoxy Lantai Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Epoxy Anda

Cat Lapangan Volly

Bagaimanakan Cara Pengaplikasian Epoxy Lantai yang Tepat?

Cara mengecat lantai dengan cat epoxy perlu menggunakan teknik yang benar agar menghasilkan cat yang awet. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu mengetahui dan memahami bagaimanakah cara pengaplikasiannya yang benar.

Cara pengaplikasian cat ini tidak selalu sama, tergantung dengan jenis epoxy yang Anda gunakan. Begitu pula dengan harga borongan epoxy lantai juga dipengaruhi oleh jenis cat tersebut.

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan permukaan lantai yang akan Anda cat. Prosedur ini dilakukan dengan tujuan menjaga adhesi antara substrat dan cat epoxy lantai yang pas.

Anda dapat memilih metode grinding atau pengamplasan. Jika lantai membutuhkan perlakuan khusus, misalnya terkontaminasi minyak, Anda bisa menggunakan bantuan bahan kimia.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembersihan lantai dari debu. Hal ini dilakukan agar tidak ada debu yang mengganggu pengecatan.

Jika terdapat debu yang terjebak dalam cat, maka akan mempengaruhi hasil pengecatan yang menjadi sedikit bertekstur.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan mengecat lantai menggunakan cat primer. Lapisan ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan lantai terhadap beban dan memperpanjang umur lantai.

Langkah selanjutnta, Anda bisa mencapurkan  komponen epoxy  hardener dan resin sebagai lapisan pertama.Untuk mencampurkannya, Anda bisa menggunakan mixer listrik selama 2 menit kemudian Anda bisa mengaplikasikannya dengan bantuan roller.

Gunakan roller yang berkualitas tinggi agar tidak mudah lepas saat digunakan. Setelah 24 jam, Anda bisa melakukan pelapisan ini lagi.

Tujuannya adalah untuk menutupi bagian-bagian yang kurang sempurna dari pengecatan sebelumnya. Setelah semua retakan dan lubang terisi, Anda bisa melanjutkan untuk pengaplikasian lapisan terakhir.

Cara Menghitung Harga Borongan Epoxy Lantai

Anda dapat memilih jasa epoxy lantai yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk menghasilkan coating yang bagus dan tahan lama.

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu mempertimbangkan harga yang dipatok oleh penyedia jasa epoxy lantai.

Anda perlu mengetahui berapa harga borongan epoxy lantai yang ditetapkan untuk setiap jenis epoxy lantai per meternya.

Biasanya, harga epoxy lantai ini dihitung menggunakan sistem borongan dimana biaya yang dikeluarkan tergantung satuan luas lantai yang akan dilapisi.

Dalam hal ini biaya yang Anda keluarkan tidak bergantung pada waktu yang diperlukan, namun luasan lantai yang dilapisi.

Anda bisa menghitung harga borongan epoxy lantai ini dengan cara mengalikan luas lantai dalam satuan meter dengan harga epoxy per meternya.

Untuk mendapatkan coating epoxy terbaik dengan harga termurah, Anda bisa mempercayakan pelapisan epoxy lantai Anda pada Indojaya Multi Karya.

Perusahaan ini menjadi salah satu penyedia jasa epoxy lantai terpercaya yang memberikan hasil epoxy lantai berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa epoxy lantai untuk lantai bangunan Anda, Anda bisa langsung melakukan konsultasi ke Indojaya Multi Karya melalui nomor perusahaan.

Anda juga bisa datang langsung ke kantornya yang melayani segala kebutuhan epoxy lantai di seluruh wilayah Indonesia.


info epoxy lainnya :

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Epoxy Lantai Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Epoxy Anda

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.