Enter your keyword

Epoxy Lantai Parkir Area

Epoxy Lantai Parkir Area

Epoxy Lantai Parkir Area

Jasa Epoxy Lantai parkir dilakukan untuk melindungi lantai dari beban yang berat, gesekan dan juga bahan kimia. Apalagi untuk area parkir yang ada di hotel ataupun supermarket. Perlu perlindungan ekstra terhadap lantai agar lantai tidak cepat rusak. Untuk melakukan perlindungan atau yang lebih dikenal dengan nama epoxy coating ini hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. Salah-salah akan membuat hasil tidak maksimal dan bahkan Anda harus mengulangig dari awal.


Butuh Bantuan Lebih Lanjut? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

0811 111 264


Apa itu Cat Epoxy Lantai Parkir?

Sebelum Anda menggunakan jasa untuk melapisi lantai di area parkir misalnya di supermarket, Anda harus tahu mengenai epoxy. Cat Epoxy terbuat dari bahan seperti resin sebagai pengeras sehingga dapat melindungi lantai dengan maksimal. Pencampuran komponen dengan takaran yang tepat membuat cat epoxy lebih kuat yang mengakibatkan lantai bisa menahan beban yang cukup berat.

Cat epoxy memiliki sifat kuat yang tidak hanya kuat menahan beban, namun juga tahan terhadap goresan, oli atau pelumas. Sehingga, walaupun ada oli atau pelumas yang bocor dari mobil yang sedang parkir, noda tersebut bisa dengan lebih mudah untuk dibersihkan karena cairan tersebut tidak bisa terserap ke lapisan epoxy.

Kekuatan yang dihasilkan dari pengaplikasian cat epoxy ini sesuai dengan ketebalan dari lapisan cat. Ketebalan yang dipergunakan biasanya adalah sekitar 0,8-3 mm. Sehingga semakin melekat kuat dan pengaplikasiannya juga benar, maka lapisan cat epoxy pada lantai parkir area juga akan semakin kuat. Namun yang harus Anda perhatikan adalah, cat ini lebih lengket dan tebal dibandingkan dengan cat biasa. Sehingga perlu aplikator khusus agar bisa menyapukan cat secara merata.

Tahapan Pelapisan Epoxy Lantai Parkir

Untuk parkir area misalnya yang ada di mall, biasanya menggunakan cat epoxy yang terbuat dari bahan dasar resin. Cat ini khusus dipergunakan untuk lantai beton. Namun, sebelum Anda mengaplikasikan cat tersebut, Anda harus mengetahui berapa luas dari area parkir tersebut dan juga menentukan warna apa yang diinginkan untuk diaplikasikan.

  • Pengosongan Area

Tahapan pertama sebelum pengaplikasian epoxy lantai parkir adalah mengosongkan area yang akan diberi lapisan. Di area ini, harus sudah bersih dari barang yang bisa mengganggu pekerjaan. Misalnya meja atau bahkan mobil.

  • Grinding

Jika area sudah dikosongkan dan Anda juga sudah menghitung berapa luas dari area tersebut, maka tahapan selanjutnya adalah grinding. Tahapan ini bertujuan untuk mengupas dan membuka pori lantai. Dengan begitu, debu ataupun noda seperti bekas minyak yang sudah lama mengeras, bisa dihilangkan. Apalagi untuk bagian permukaan lantai yang kurang merata, sehingga lantai bisa sedikit lebih merata.

Proses grinding ini bisa diibaratkan sebagai proses scrubbing. Karena kotoran dan debu yang melekat sudah hilang, maka cat epoxy primer nantinya bisa melekat dengan sempurna.

  • Pengaplikasian Epoxy Primer

Sama seperti halnya dengan make up, untuk pengapikasian cat epoxy juga harus dimulai dengan cat epoxy primer atau dasar. Untuk pengaplikasiannya bisa menggunakan roll. Tujuan penggunaan cat primer ini adalah agar cat epoxy bisa melekat dengan sempurna. Namun, sebelum masuk tahapan epoxy coating, Anda harus menunggu cat primer epoxy dan plamir epoxy hingga kering sempurna.

  • Pelapisan Plamir Epoxy

Setelah cat primer sudah mengering, maka tahapan selanjutnya adalah dengan menggunakan plamir epoxy ke permukaan lantai. Cara ini dilakukan dengan menggunakan kape scrape atau dengan raskam. Setelah itu biarkan mengering.

  • Sortir Plamir

Tahapan selanjutnya adalah dengan sortir plamir. Tahapan ini merupakan pengecekan hasil plamir sudah kering merata atau belum. Jika ditemukan ada yang kurang sempurna, maka Anda bisa menambahkan di bagian yang kurang sempurna. Mengapa hal ini dilakukan? Karena jika plamir epoxy tidak diaplikasikan dengan sempurna, hal tersebut akan berpengaruh pada warna cat setelah diaplikasikan, misalnya terlihat belang.

  • Pengecatan Epoxy Dasar

Setelah tahapan sebelumnya selesai dan dipastikan lapisan sudah mengering, maka Anda bisa melakukan epoxy coating dengan menggunakan cat sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Kemudian biarkan untuk mengering selama beberaa jam sebelum akhirnya masuk ke tahapan pengamplasan. Dalam pengaplikasian cat dasar, Anda harus menggunakan roll khusus agar bulunya tidak mudah rontok dan mempengaruhi hasil coating.

  • Finishing atau Top Coat

Proses terakhir untuk pelapisan epoxy adalah pengulangan proses pengecatan. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan ketebalan epoxy sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika sudah dan telah benar-benar mengering, Anda bisa membersihkannya dari debu dan kemudian bisa dipergunakan.

Itulah tahapan untuk pelapisan epoxy lantai parkir yang bisa Anda coba. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda menggunakan jasa dari Indojaya Epoxy yang sudah terbukti berkompeten untuk pelapisan cat atau yang berkaitan dengan epoxy. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website dari Indojaya Epoxy dan bersiaplah untuk mendapatkan lapisan coating yang terbaik dan tahan lama.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.