Enter your keyword

Jenis Waterproofing Dak Beton Terbaik Sebagai Pelapis Anti Bocor

Jenis Waterproofing Dak Beton Terbaik Sebagai Pelapis Anti Bocor

Jenis Waterproofing Dak Beton Terbaik Sebagai Pelapis Anti Bocor

Bagi masyarakat yang sangat awam dengan waterproofing dak beton tentu saja belum memahami betul apa fungsinya.

Pada dasarnya penggunaannya digunakan sebagai pelapis agar tidak terjadi kebocoran di atap bangunan. Sedangkan pengaplikasiannya dapat dimana saja, tergantung kebutuhan Anda.

Jenis Waterproofing Terbaik untuk Dak Beton

Dalam dunia pelapisan dak beton, mempunyai beberapa jenis waterproofing terbaik untuk digunakan agar tahan lama.

Proses pemilihan jenisnya ini sangat berguna karena menentukan kecocokan disesuaikan dengan jenis-jenis atap yang akan dilapisi. Berikut jenis-jenis waterproofing dak beton.

1. Waterproofing Membran

kontraktor Waterproofing Membrane bakar bekasi

Jenis pertama ini merupakan tipe waterproofing yang pertama kali dikembangkan. Dalam tahap pemasangan waterproofing membran sedikit rumit dan harus berhati-hati, karena jika ada kesalahan perbaikannya akan sulit. Berikut beberapa keterangan penting untuk jenis membrannya.

  • Membran membutuhkan perawatan yang cenderung rumit sama seperti pengaplikasiannya. Hal tersebut karena rentan terhadap kerusakan pada proses pemasangannya ataupun saat sudah terpasang.
  • Pengaplikasian atau pemasangannya membutuhkan waktu, sehingga akan mempengaruhi biaya operasional yang akan dikeluarkan.
  • Ketahanan membran hanya 10-15 tahun saja, sehingga setelahnya akan membutuhkan pergantian secara berkala.

Dalam tahap pemasangan membran, bahan karet lalu dicampurkan dengan bahan monomer kimia, etilena dan propilena.

Meskipun terlihat sangat banyak kekurangan dari kelebihannya, jenis waterproofing dak beton ini masih banyak diminati karena tergolong kuat jika benar memasangnya.

2. Integral Waterproofing

Salah satu jenis waterproofing yang menggunakan modifikasi dalam bidang waterproofer. Proses pengaplikasian integral lebih mudah dan tidak banyak memakan waktu lama, hal ini karena penggunaannya hanya perlu ditambahkan langsung ke dalam beton untuk pelapis anti bocor.

Dengan cara tersebut, otomatis integral akan tercampur secara sempurna bersama beton untuk melapisinya dari segala sisi.

Beton-beton tersebut akan langsung kering dan bekerja non absorbtif dan akan terjadi bocor jika ada keretakan saja. Tidak perlu pengaplikasian ulang selama 10-15 tahun.

3. Waterproofing Coating

Bahan Waterproofing

Coating merupakan salah satu waterproofing dak beton yang menggunakan polimer berbentuk bahan cat, sehingga dapat menutupi seluruh bagian beton atau permukaan lainnya. Mungkin bisa diibaratkan jenisnya ini seperti cat anti bocor dengan kekuatan lebih karena berbahan dasar cairan karet.

Biasanya jenis waterproofing ini digunakan untuk melapisi kayu, dinding, bak, tanki agar tahan bocor. Tetapi tidak menutup kemungkinan sebagai pelapis atap beton dengan menggunakan campuran polyester agar lebih kuat dari bahan-bahan awalnya. Pengaplikasiannya pun lebih mudah.

4. Flashband Self Addhisive 

Satu-satunya jenis waterproofing yang unik dengan cara pengaplikasiannya sangat mudah. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti perekat selotip berlapisan kuat untuk dijadikan pelapis anti bocor. Lapisannya terdiri atas lembaran karet, membran polyster, aluminium foil, dan lapisan cat penutup.

Meskipun bentuknya terlihat sangat sederhana karena hanya seperti selotip, namun sering sekali digunakan untuk melapisi beton, atap, lantai dan semua permukaan sejenis.

Dari bentuk yang sederhana tersebut, terkadang beberapa orang memanfaatkannya sebagai penambal tanki bocor atau bak mandi.

5. Waterstop pada Beton

Pada dasarnya waterstop digunakan sebagai alat mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran di sambungan beton.

Melihat dasar penggunaannya tersebut, tentu saja kemungkinan dapat digunakan pada atap beton sangat tinggi. Mengingat termasuk salah satu jenis dari  waterproofing dak beton.

Dalam pengaplikasiannya akan dikombinasikan dengan lem yang dapat merekat kuat meskipun ada resapan air lalu menyebabkan beton lembab.

Biasanya proyek aplikator menggunakan waterstop pada atap beton berbahan fleksibel yaitu Butyl Rubber, akan mengembang setelah sekitar 10 hari terkena air.

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Waterproofing Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Waterproofing Anda

Harga Waterproofing Dak Beton

jasa Waterproofing - FB

Pada dasarnya harga waterproofing dak beton tidak dapat dipastikan secara tepat karena setiap jenis akan menggunakan beberapa merek disesuaikan dengan bahannya serta ukuran atapnya. OIeh sebab itu, sebagai klien Anda harus menanyakan tentang kesepakatan harganya di awal untuk RAB.

Tetapi untuk gambaran sederhananya, biasanya untuk jasa pemasangan paling rendah kisaran Rp. 30.000- 80.000 akan disesuaikan dengan luas pengerjaannya.

Lalu untuk jenis membran kurang lebih Rp. 98.000-120.000 tergantung pada material yang akan digunakan pada proses pengaplikasiannya.

Cara Menggunakan Waterproofing Dak Beton

Tidak ubahnya dengan harga, cara menggunakannya pun akan disesuaikan dengan jenisnya. Hal tersebut sudah terlihat jelas bahwa setiap jenis mempunyai kelebihan bahkan kekurangan masing-masing, sehingga kesalahan sedikit pada setiap proses dapat menyebabkan kerusakan atapnya.

Selain itu, ada dua alasan klien menggunakan waterproofing dak beton untuk bangunannya. Pertama, diaplikasikan untuk atap bangunan yang masih fresh atau baru.

Lalu kedua, dimanfaatkan karena atap-atap mengalami keretakan dan harus diperbaiki. Keduanya mempunyai cara pengaplikasian berbeda.

Analisa Waterproofing Dak Beton untuk Masalah Kebocoran

Beberapa kasus penyebab kebocoran yang biasanya menjadikan waterproofing sebagai solusi sangat variatif. Hal tersebut membuat analisa tentang penyebab-penyebab masalahnya dapat dijadikan gambaran agar Anda lebih antisipasi dalam merawat atap rumah. Berikut poin-poin analisanya.

1. Permukaan Atap Beton yang Belum di Waterproofing

Tidak banyak tahu bahwa sebenarnya atap dengan dak beton mempunyai resiko retak sangat tinggi, sehingga penggunaan waterproofing menjadi salah satu solusinya.

Permukaannya yang berhubungan dengan air akan menggenang dan meresap ketika belum menggunakannya untuk atap-atap bangunan.

Setelah menggenang terlalu lama, pada akhirnya akan menghasilkan retakan pada atap beton. Solusi untuk permasalah itu adalah memilih bahan-bahan dari jenis waterproofing terbaik untuk memperbaikinya. Hal tersebut dapat Anda konsultasikan kepada ahli penyedia jasa waterproofing.

2. Permukaan Atap Beton sudah di Waterproofing tetapi Masih Bocor

Meskipun sudah menggunakan pelapis anti air waterproofing pada permukaan atap betonnya tetapi masih ada saja yang mengalami kebocoran.

Hal ini juga sering terjadi, bahkan tidak jarang klien menyalahkan pihak jasanya, kenyataannya ada analisa penyebab masalah sejenis terjadi.

Salah satunya adalah kesalahan dalam memilih jenis waterproofing untuk atap dak bangunannya. Solusinya adalah diperbaiki lagi dengan pemilihan sempurna, untuk menghindari kejadian yang sama disarankan menggunakan layanan jasa berbeda dari sebelumnya. Untuk kebaikan bersama.

Bahan Waterproofing Dak Beton

Seperti halnya harga dan cara, bahan dari  waterproofing dak beton juga akan ditentukan oleh jenisnya. Namun bahan dasar dari semua jenis waterproofing menggunakan karet sehingga sangat kuat untuk dijadikan perekat tahan air. Bahkan pada Flashband, lapisan pertamanya adalah lembaran karet.

Lalu untuk bahan-bahan pencampuran, akan disesuaikan dengan jenis-jenis yang akan dipakai. Pengalikasiannya pun akan didasarkan pada jenis waterproofing sehingga poin tentang apa saja bahannya tidak akan bisa ditentukan secara pasti. Bahkan merek cat pelapisnya pun sangat beragam.

Membahas tentang jenis waterproofing dak beton dan segala pendukungnya, dapat dijadikan sebagai petunjuk bahwa memang kegunaannya sangat penting. Semua hasil akhir, selain ditentukan oleh jenisnya, kualitas penyedia jasa juga menjadi poin penting dalam penyempurnaan prosesnya.

Bagi Anda yang ingin mencari jasa waterproofing terpercaya dan berkualitas, dapat mengunjungi website https://indojayaepoxy.com/jasa-waterproofing/. Disana juga disediakan banyak informasi lainnya berkaitan pada jasa sejenisnya.


Baca juga :


tag : cat anti bocor, cat waterproof, sika waterproofing, dak beton, waterproofing membrane, kain waterproof 

Ingin di SURVEY GRATIS Oleh Spesialis Epoxy Lantai Kami?
Konsultasikan Kebutuhan Epoxy Anda
Summary
Jenis Waterproofing Dak Beton Terbaik Sebagai Pelapis Anti Bocor
Article Name
Jenis Waterproofing Dak Beton Terbaik Sebagai Pelapis Anti Bocor
Description
waterproofing dak beton tentu sangat dipastikanmemahami betul apa fungsinya. Pada dasarnya penggunaannya digunakan sebagai pelapis agar tidak terjadi kebocoran di atap bangunan. Sedangkan pengaplikasiannya dapat dimana saja, tergantung kebutuhan Anda.
Author
Publisher Name
Indojaya multi karya

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.