Enter your keyword

Dag Bangunan Pada Rooftop Bocor? Waterproofing Solusinya

Dag Bangunan Pada Rooftop Bocor? Waterproofing Solusinya

Dag Bangunan Pada Rooftop Bocor? Waterproofing Solusinya

Beberapa bagian pada bangunan terkadang harus ditempatkan pada lokasi yang berdekatan dengan tekanan air. Seperti dag bangunan, rooftop, basement, kolam renang, hingga tangki air. Namun, bagian-bagian tersebut bisa jadi kurang sempurna dalam proses pembangunannya.

Salah satu hal yang kerap dialami adalah rooftop yang bocor. Selain merusak struktur dan tatanan bangunan, rooftop yang bocor juga sangat berbahaya ketika hujan datang. Ruangan di dalam bangunan bisa menjadi banjir, hingga merusak perabotan dan barang-barang di dalam ruangan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rooftop yang bocor? Ya, jawabannya adalah dengan melakukan waterproofing pada lapisan rooftop. Waterproofing pun terdiri dari beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan struktur bangunan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai waterproofing.

Baca Juga: Harga Jasa Waterproofing Terbaru di 2020

Apa Itu Waterproofing?

Waterproofing merupakan prosedur yang bertujuan untuk membuat sebuah objek menjadi kedap terhadap air. Terdapat beberapa bangunan yang kerap dilapisi lapisan waterproof. Di antaranya adalah atap, rooftop, basement, dan area lainnya yang rentan basah (terkena air).

Salah satu problem yang kerap ditemui adalah terjadinya rembes dan bocor pada struktur bangunan. Rembesan dan bocoran air biasanya terlihat ketika hujan turun. Keretakan yang sangat kecil dan tipis pada struktur bangunan dapat membuat dinding atau beton dirembesi air.

Saat terjadi hujan, air dapat memasuki ruangan melalui celah engsel, dinding, atau lantai. Apabila tidak dilindungi dengan lapisan waterproof, bangunan akan cepat rusak karena terendam air. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis waterproofing yang beredar di pasaran. Tiap-tiap jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Waterproofing Membran

Waterproofing Membran adalah jenis yang pertama kali dikembangkan. Cara kerjanya adalah menggunakan membran atau lembaran yang terbuat dari karet. Biasanya, membran digunakan untuk struktur dag bangunan atau atap berbahan beton.

Proses pemasangan membrane cukup rumit dan sulit. Yaitu, membran dipanaskan dengan cara dibakar (torching), lalu dilaminasi dengan menggunakan lem. Kelebihan dari membrane adalah tidak terpengaruh cuaca dan suhu, bisa digunakan untuk tempat terbuka, dan memiliki kelenturan yang baik. Selain itu, cara pemasangannya praktis dan dapat digunakan untuk area yang luas.

Baca Juga: Pentingnya Epoxy Lantai Pada Gudang Atau Warehouse

Waterproofing Coating

Waterproofing Coating menggunakan bahan berbentuk cat (cairan) yang digunakan untuk menutup permukaan struktur yang akan dilindungi. Biasanya, coating digunakan untuk dinding, bak mandi, tangki air, hingga permukaan kayu. Khusus untuk melapisi permukaan yang cukup luas, dapat menggabungkannya dengan bahan polyester.

Terdapat dua jenis waterproofing coating, yaitu internal dan eksternal. Waterproofing internal digunakan pada tempat yang tersembunyi seperti kolam renang, dinding beton, toilet, dan kamar mandi. Sementara itu, waterproofing eksternal digunakan untuk tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Beton Integral

Pada umumnya, waterproofing bertujuan untuk membuat beton kedap air. Namun, dengan adanya sistem beton integral, kita tidak perlu memberikan lapisan coating pada beton. Hal ini disebabkan karena pada campuran beton tersebut, sudah terdapat bahan yang membuat beton kedap air.

Beton Integral biasanya digunakan pada struktur beton yang terlindungi dari sinar matahari, seperti dinding basement. Kelebihan dari waterproofing sistem beton integral adalah, lebih menghemat waktu dan kualitas beton sangat baik. Namun, kekurangannya adalah beton integral tidak berfungsi maksimal untuk atap atau dag beton yang terkena sinar matahari secara langsung.

Flashband Self Addhisive

Flashband Self Addhisive merupakan perlindungan dari rembesan yang berbentuk lembaran flashband. Cara menggunakannya adalah dengan merekatkan flashband pada bagian permukaan struktur yang akan dilindungi.

Baca Juga: Menggunakan Jasa Cat Epoxy Lantai Ground Tank

Flashband terdiri dari beberapa macam lapisan. Yaitu lapisan lembaran karet, membrane polyester, alumunium foil, dan cat lapisan penutup. Pada umumnya, flashband self addhisive digunakan untuk permukaan atap, lantai, beton, dan lain sebagainya.

Waterproofing? Indojaya Epoxy Solusinya

Indojaya Epoxy menawarkan jasa waterproofing rooftop dengan harga yang sangat menarik. Kami hanya menggunakan tenaga ahli dalam melakukan waterproofing. Dengan demikian, hasilnya selalu bagus dan optimal. Lalu, ketahanan bangunan Anda terhadap air pun akan meningkat.

Sebagai bentuk terima kasih, kami memberikan layanan garansi jaminan kualitas selama 12 bulan (satu tahun). Kami juga menawarkan layanan Gratis Survey yang bisa datang langsung ke lokasi bangunan Anda. Menarik dan sangat menguntungkan bukan?

Hubungi Kami Lebih Lanjut

Dari waktu ke waktu, Indojaya Epoxy selalu berupaya meningkatkan pertumbuhan pada semua segmen usaha kami. Hubungi Admin kami melalui panggilan telepon atau whatsapp ke nomor 0811-111-264. Anda juga dapat menghubungi Admin kami melalui email: hallo@indojayaepoxy.com.

Dapatkan penawaran dan harga paling menarik dari kami. Jangan lupa, kami menawarkan layanan Garansi Kualitas dan Gratis Survey. Kepuasan konsumen selalu menjadi prioritas kami dalam bekerja. Jangan sampai lewatkan kesempatan berharga ini ya, khusus hanya untuk Anda.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.