Enter your keyword

Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan 3 Metode

Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan 3 Metode

Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan 3 Metode

Material cat lantai yang terbuat dari resin dan polymer ini memang terkenal akan daya rekatnya yang sangat kuat. Ketika diaplikasikan pada permukaan lantai, cat epoxy dapat bertahan dalam kurung waktu 5 tahun lebih.

Cat epoxy yang awalnya berbentuk cair, kemudian akan mengeras ketika dicampur dengan komponen lain.

Setelah diaplikasikan pada permukaan lantai, cat epoxy akan kembali dingin dan mengeras. Sehingga cara menghilangkan bekas cat epoxy pada area yang tidak diinginkan pun cenderung sulit.

Meski membutuhkan teknik tertentu, setidaknya Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk menghilangkan bekas cat epoxy yang menempel pada area-area tertentu.

Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan Memanaskannya

Metode ini dilakukan dengan tujuan mengembalikan cat epoxy seperti bentuk semula, atau minimal menjadi seperti gel sehingga lebih mudah dikelupas. Disini Anda juga membutuhkan respirator yang mempunyai katrij uap dan gas.

Ketika cat epoxy dipanaskan, biasanya akan mengeluarkan uap yang bisa mengiritasi selaput lendir, mata dan paru-paru, sehingga Anda perlu menggunakan alat pelindung diri secara lengkap, seperti kacamata, masker respirator, dan sarung tangan. Pastikan semua area kulit tertutup dengan rapat.


layanan kami lainnya:


Ketika epoxy menempel pada kayu, sebelumnya rendam permukaan tersebut dalam aseton selama 1 jam. Selanjutnya ikuti langkah berikut untuk menghilangkan bekas cat epoxy yang menempel.

  1. Arahkan Heat Gun pada permukaan lantai. Panaskan epoxy dengan alat ini selama beberapa menit hingga epoxy melunak.
  2. Kikis epoxy yang menempel pada permukaan lantai atau benda menggunakan alat pengikis dari plastik. Hindari menggunakan alat pengikis logam, karena dapat menimbulkan goresan pada area yang tertempel epoxy tadi.

 

Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan Membekukan

Perlengkapan yang digunakan untuk menghilangkan cat epoxy dengan cara dibekukan masih sama, yakni masker pernapasan, kacamata dan sarung tangan.

Ketika epoxy dibekukan, zat pendingan yang digunakan juga mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi mata, kulit, paru dan selaput lendir. Sehingga alat pengaman diri harus benar-benar lengkap.

Selanjutnya buka seluruh pintu dan jendela pada ruangan tersebut agar sirkulasi udara lancar. Matikan juga AC serta alat pemanas ruangan.

Setelah persiapan selesai, langsung eksekusi dengan cara sebagai berikut:

  1. Ambil refrigeran kemudian kocok beberapa kali. Lalu semprotkan cairan refrigeran pada permukaan epoxy dengan jarak kurang lebih 30 cm.
  2. Agar tidak ada cairan refigeran yang merembes, pastikan posisi botol tetap tegak.
  3. Tunggu beberapa saat kemudian cungkil cat epoxy yang sudah berubah menjadi getas. Anda bisa menggunakan pisau dempul atau pukul epoxy menggunakan palu karet.
  4. Terakhir bersihkan permukaan lantai/benda menggunakan sapu dan kain bersih.

 

Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan Bahan Kimia

Cara menghilangkan bekas cat epoxy selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Tentunya Anda juga masih membutuhkan alat pelindung diri seperti sarung tangan, kaca mata dan masker respirator.

Pintu dan jendela juga harus segera dibuka, agar bahan kimia yang digunakan tidak terperangkap di dalam ruangan dan terhirup ke dalam tubuh. Alat pemanas ruangan maupun AC juga harus dimatikan terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa memilih bahan kimia yang hendak digunakan untuk menghilangkan bekas cat epoxy pada permukaan lantai atau suatu benda.

  1. Hindari menggunakan oksidator kelas 4 dan 3, sebab bahan ini sangat mudah terbakar dan dapat menimbulkan kebakaran langsung.
  2. Gunakan produk pengelupas komersial yang bisa Anda dapatkan di toko bangunan atau perangkat keras.
  3. Alternatif lain yakni menggunakan tiner cat. Material aseton pada tiner bisa melunakkan cat epoxy. Namun prosesnya memakan waktu hingga 1 jam perendaman.
  4. Jika cat epoxy sudah berhasil dihilangkan menggunakan bahan kimia di atas, selanjutnya buat larutan pembersih lantai. Anda dapat menggunakan trisodium fosfat kemudian campur dengan 4 liter air panas.
  5. Selanjutnya celupkan spons pada larutan tersebut dan bersihkan permukaan lantai/benda yang terkena cat epoxy. Biarkan larutan ini bekerja selama 5 menit untuk menetralkan bahan kimia yang digunakan untuk mengangkat cat epoxy tadi.

Tiga cara menghilangkan bekas cat epoxy di atas bisa Anda lakukan sendiri. Namun jika permukaan yang ingin dibersihkan cukup luas, akan lebih bijak jika Anda menggunakan kontraktor epoxy lantai.

Dengan mengandalkan tenaga profesional, tentu proses pengelupasan cat epoxy akan lebih cepat dan aman. Permukaan lantai/benda pun tidak akan rusak karena reaksi suatu bahan atau kesalahan metode yang digunakan.

Sebab metode yang dipilih kontraktor epoxy untuk membersihkan permukaan lantai sudah sesuai prosedur yang benar.

Indojaya Multi Karya adalah kontraktor epoxy lantai yang siap membantu Anda dalam pekerjaan aplikasi epoxy lantai, perawatan maupun perbaikan epoxy lantai. Jadi jangan ragu untuk hubungi kami melalui nomor di bawah ini.


PT INDOJAYA MULTI KARYA
☎0811111264  Chat via WA
Kontraktor Jasa Epoxy Lantai Bergaransi

 

Summary
Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan 3 Metode
Article Name
Cara Menghilangkan Bekas Cat Epoxy Dengan 3 Metode
Description
Cara berikut untuk menghilangkan bekas cat epoxy yang menempel pada area-area tertentu. Cara menghilangkan bekas cat epoxy dengan bahan kimia
Author
Publisher Name
Indojaya