Enter your keyword

Cegah Karat Dengan Cat Epoxy Besi

Cegah Karat Dengan Cat Epoxy Besi

Cegah Karat Dengan Cat Epoxy Besi

Benda yang terbuat dari bahan logam besi akan membutuhkan cat epoxy besi. Terutama untuk benda khusus yang dianggap penting, jangan sampai cepat rusak, jangan sampai berkarat, atau harganya mahal sehingga harus benar-benar dirawat, akan sangat membutuhkan perlakuan khusus seperti pengaplikasian cat epoxy.

Sederhananya, cat epoxy besi bisa disebut sebagai cat pelapis besi dari karat, berfungsi untuk memberikan proteksi ekstra pada permukaan besi atau logam supaya tidak karat dan lapuk.

Pengaplikasian ini akan jadi penting untuk beberapa benda yang jika berkarat maka performanya akan menurun.

Mengapa sebuah cat epoxy untuk besi bisa berfungsi sedemikian rupa karena wujudnya adalah cat dengan pigmen warna yang dikombinasikan dengan resin.

Gabungan dua zat berbeda ini menjadikan sebuah cairan yang bisa memberikan warna namun juga bisa berikan perlindungan pada permukaan logam, terutama logam besi.

Nantinya Anda memang akan diberitahu cat epoxy untuk besi apa saja yang direkomendasikan, layak diberi label ‘terbaik’.

Namun sebelumnya mari kita ketahui dulu beberapa jenis cat epoxy untuk besi. Beberapa jenisnya antara lain zinc chromate, alkyd primer, dan zinc rich primer.

Zinc chromate biasa dipakai untuk skala proyek, bisa itu jembatan atau bangunan konstruksi. Perbedaan dari lainnya adalah cat ini bisa berikan banyak pilihan warna, seperti warna hijau, merah, biru, dan lainnya.

Tak seperti jenis lain yang hanya bisa berikan warna merah dan warna-warna monochrome. Alkyd primer biasa diandalkan untuk konstruksi besi yang dekat dengan laut, sebab sifatnya tahan terhadap air laut.

Sedangkan zinc rich primer adalah cat epoxy untuk besi yang umum namun pemakaiannya harus dengan mencampurkan bahan-bahan terlebih dahulu. Misalnya harus diawali dengan mencampur serbuk warna, tiner, dan resin terlebih dahulu.

Baca juga : Jasa epoxy lantai Surabaya

Daftar Merek Cat Epoxy Besi Terbaik

Mulai dari Nippon sampai Suzuka, lima merek cat epoxy untuk besi berikut ini punya alasan masing-masing mengapa layak masuk dalam daftar ini.

1. Cat Epoxy Besi Nippon

cat epoxy besi nippon

Pilihan jenis cat epoxy yang ditawarkan Nippon lengkap sehingga Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Telah tersedia Epoxy Self Levelling, Alkyd Semigloss, Multilayer, Super Clean, dan masih banyak lagi.

Karenanya, dengan Nippon Anda bisa melapisi logam yang terletak dekat dengan pantai maupun yang jauh. Benda sederhana dengan logam pun juga bisa terlindungi dari karat dengan aneka cat epoxy yang ditawarkan Nippon ini.

Terlebih, bukan hanya jenis-jenis cat epoxy saja yang ditawarkan, hardener dan thinner pun juga disediakan sehingga Anda bisa langsung memenuhi semua kebutuhan hanya di satu merek cat saja.

Bagaimana cara menggunakan cat epoxy untuk besi nantinya akan dibahas, dan salah satunya adalah untuk mencampurkan cat epoxy beserta hardener dan thinner sekaligus.

Baca juga : Jasa epoxy lantai Pasuruan

2. Cat Epoxy Besi Propan

cat epoxy besi propan

Propan sebenarnya juga menghadirkan pilihan cat yang cukup lengkap, hanya saja ada dua produk dari Propan yang tidak ditawarkan semua merek cat epoxy lainnya. Dua produk tersebut adalah set cat epoxy dan perontok cat melamine.

Produk yang ditawarkan ini cukup solutif untuk kondisi tertentu,. Set cat epoxy yang berisi satu kaleng cat, satu kaleng hardener, dan satu kaleng thinner, bisa membuat Anda mengaplikasikan cat epoxy kapan saja ketika dibutuhkan. Sebab sifatnya bukan satu kali pakai saja.

Sedangkan produk seperti perontok cat melamine akan dibutuhkan ketika warna logam besi harus ganti dan hasil akhir yang diinginkan harus sempurna atau rapi.

Cat tembok, politur, printing, baking, lacquer, dan masih banyak lainnya bisa rontok dengan bahan ini.

Baca juga : Jasa epoxy lantai Bekasi

3. Cat Epoxy Besi Jotun

cat epoxy besi jotun

Jotun lebih bisa menghadirkan banyak warna sehingga layak dipertimbangakan ketika Andasedang cari produk cat anti karat untuk besi.

Produk yang ditawarkan cukup umum, Jotun menyediakan cat epoxy yang bisa langsung pakai, pengencer apabila suatu saat nanti cat epoxy yang Anda miliki bermasalah, sehingga cat serbaguna yang bisa sangat solutif di suatu kondisi.

Salah satu produk terbaiknya adalah Jotun Jotamastic 80 Aluminium, menjadi cat epoxy yang bisa diaplikasikan pada permukaan yang rasanya sudah tidak mungkin lagi bisa dicat.

Sebab tekstur cat dari produk ini cukup solutif sehingga bisa mengisi permukaan yang tidak rata. Selain itu, cat ini juga bisa digunakan untuk dasar, cat perantara, maupun lapisan akhir sekalipun.

Baca juga : Jasa epoxy lantai Bali

4. Cat Epoxy Besi Suzuka

cat epoxy besi suzuka

Kebanyakkan yang dihadirkan Suzuka memang cat filler untuk mobil, namun merek ini juga menyediakan cat epoxy untuk besi yang bagus.

Pilihan warna yang ditawarkan cukup banyak, juga bisa diaplikasikan dengan mudah karena Anda tak perlu campur-campur bahan terlebih dahulu alias bisa langsung pakai. Suzuka juga menyediakan hardener karena mungkin saja Anda membutuhkan.

Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi

Informasi merek cat epoxy apa saja yang bagus tanpa tahu bagaimana cara pakainya akan kurang. Dari bahasan di atas Anda sudah tahu bahwa memang ada cat epoxy yang bisa langsung diaplikasikan.

juga ada yang membuat Anda harus campur-campur bahan terlebih dahulu. Cara menggunakan cat epoxy untuk besi yang akan dibahas kali ini adalah yang harus campur-campur dulu.

Selain cat epoxy itu sendiri, Anda akan membutuhkan hardener dan thinner. Ketiga bahan ini lah yang akan dicampur dan harus Anda ketahui berapa perbandingannya yang paling tepat.

Harus diingat, sebba info tentang rasio ini adalah info yang paling sering dicari karena sering kelupaan.

Adapun perbandingannya adalah 4 : 1 : 3. Perbandingan 4 untuk cat epoxy, 1 untuk hardener, dan 3 untuk thinner. Jadi sebisa Anda membutuhkan 70ml cat epoxy, Anda harus mencampurkan 40 ml cat, 10 ml hardener, dan 30 ml thinner.

Setelah dicampur, langsung diaplikasikan, namun tidak boleh pakai kuas. Jika dipakai kuas untuk mengaplikasikannya maka akan riskan terjadi brush mark atau bekas kuas. Karenanya, disarankan untuk pakai spray.

Saat menyemprotkan dengan spray pun harus hati-hati. Harus tipis supaya tidak ada sagging atau lelehan. Bukan hanya itu saja, cat epoxy besi ini juga harus diaplikasikan dua kali atau beberapa kali, di sesuaikan saja dengan kebutuhan.