Enter your keyword

Aplikator Epoxy Lantai Paling Dicari di Jakarta

Aplikator Epoxy Lantai Paling Dicari di Jakarta

Aplikator Epoxy Lantai Paling Dicari di Jakarta

Tidak semua orang bisa menjadi aplikator epoxy lantai. Hal ini disebabkan karena epoxy menggunakan bahan atau komponen yang beberapa diantaranya cepat mengeras. Jika terjadi kesalahan dalam pencampuran komposisinya, akan menyebabkan hasil cat yang kurang sempurna. Namun, apabila komposisinya pas dengan takaran yang pas seperti penggunaan resin dan polimed, maka akan membuat Anda mendapatkan perlindungan pada lantai dengan hasil yang sangat kuat.

Epoxy lantai sendiri adalah salah satu cara untuk perawatan lantai bangunan lewat cat epoxy. Cat tersebut terbuat dari resin atau getah tumbuhan dengan daya rekat sangat kuat. Karena hal tersebut, lewat coating epoxy, bisa membantu melindungi lantai misalnya yang terbuat dari beton dari keretakan yang disebabkan karena benda berat misalnya karena gesekan.

Baca Juga: Jasa Epoxy Lantai Bergaransi

Point Penting Aplikator Epoxy Lantai yang Harus Dipahami

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika tidak semua orang bisa mengaplikasikan epoxy. Jikapun Anda berniat untuk menjadi aplikatornya, Anda setidaknya harus memperhatikan hal berikut ini:

  • Mempunyai bahan yang memiliki struktur yang kuat misalnya beton yang mempunyai berat minimal 225 kg/cm2. Selain itu, tulangan tersebut wajib didesain atau dibuat oleh perencana struktur. Hal ini dimaksudkan agar bisa diperhitungkan apakah terjadi perubahan strutur misalnya apakah kuat atau tidak. ditakutkan struktur lantai beton tersebut tidak kuat untuk menerima beban yang ada di atasnya.

Jika lantai beton yang dibuat tersebut tidak kuat, bisa jadi akan terjadi penurunan bahkan amblas. Sehingga jika dipasang atau dilapisi dengan menggunakan cat epoxy sekalipun, hal tersebut akan percuma karena perlindungan dari bawah tidak maksimal.

  • Lantai setidaknya sudah dibuat 28 hari sebelumnya dan mempunyai tingkat kelembaban yang tidak lebih dari 80%RH. Sehingga jikapun Anda hendak membuat atau mengaplikasikan cat Epoxy, pastikan lebih dahulu jika lantai tidak sedang baru dibuat.
  • Jikapun Anda akan mengaplikasikan ke lantai yang berada langsung di atas tanah, maka Anda harus menambahkan lapisan penghalang uap air. Lapisan tersebut berbentuk lembaran tipis yang terbuat dari bahan bitumen dan kemudian dilapisi dengan menggunakan bahan bahan plastic polyesthylene.
  • Siapkan perlengkapan yang memadahi sebelum aplikator epoxy lantai melakukan pelapisan. Perhatikan pula jidar dan ketinggiannya dengan mempergunakan alat ukur. Dengan begitu, ketinggian, kehalusan dan kerataan hasil coating juga seperti rencana awal.
  • Ketahui metode apa saja yang dipergunakan untuk pengupasan permukaan. Metode tersebut digunakan untuk membersihkan lantai misalnya dari tumpahan semen, kotoran yang mengering, debu atau material lain yang menyatu dengan lain. Beberapa diantaranya adalah metode waterjetting, blastrac, ataupun dengan menggunakan diamondize scrubber.

Jikapun di lapisan permukaan dari lantai tersebut terdapat cairan berbentuk minyak, oli ataupun pasta, Anda bisa menggunakan air dan sabun untuk membersihkannya. Setelah itu, baru Anda bisa mengeringkannya minimal selama 2×24 jam hingga benar-benar kering.

  • Jika sudah kering dan benar-benar bersih dari kotoran dan debu, Anda bisa mengaplikasikan epoxy primer terlebih dahulu. Setelah itu dikeringkan atau setidaknya menunggu 12 jam agar lapisan ini benar-benar kering.
  • Jika sudah, maka Anda bisa masuk ke tahapan base epoxy coat, body coate serta top koate hingga ke tahapan sending dan cleaning.
  • Dalam pengaplikasiannya, sebaiknya menggunakan roller berkualitas terbaik yang tidak mudah rontok bulunya.
  • Pelapisan dilakukan 2 kali dengan arah pelapisan yang bersilangan. Saat pelapisan ini, harus bebas dari kotoran ataupun serangga. Jikapun terdapat hewan atau kotoran dan debu yang terjatuh pada lapisan coating, maka mau tidak mau harus dilapisi kembali setelah kotoran dibuang.
  • Jangan lupa untuk membuka pintu dan jendela ruangan sehingga tidak membahayakan pekerja.

Hal yang Dihindari dalam Aplikator Epoxy Lantai

Jika point di atas harus dilakukan saat coating lantai dengan menggunakan epoxy, maka hal berikut ini harus Anda hindari. Tujuannya adalah agar ketika Anda sedang mengaplikasikan epoxy pada lantai, tidak hanya mendapatkan mendapatkan hasil yang sempurna namun juga menjaga keselamatan pekerja.

Baca Juga: Harga Epoxy Lantai Termurah 2020

  • Dilarang merokok. Baik saat sedang proses pencampuran hingga proses pelapisan.
  • Area harus steril bahkan setelah pelapisan steril. Setelah setidaknya 7 hari dari pengaplikasian pelapisan terakhir tersebut, tempat tersebut bisa dilewati misalnya kendaraan.
  • Saat pengaplikasian pekerja hanya boleh menggunakan sandal karet lunak ketika berjalan dan tidak diperkenankan menggunakan sepatu.
  • Lantai yang dilapisi epoxy harus memiliki permukaan yang halus dan tidak bergelombang.

Itulah yang harus diperhatikan aplikator epoxy lantai yang baik dan benar. Cara tersebut dilakukan agar hasil setelah coating bisa halus dan melindungi lapisan bawahnya yaitu lantai beton dengan maksimal, misalnya melindungi dari gesekan ataupun bahan kimia. Rumit memang, namun jika Anda bingung mau mencari aplikator yang terpercaya ada Indojaya Epoxy yang akan selalu membantu Anda. Mulai dari persiapan sebelum coating hingga akhir. Jadi hubungi Indojaya Epoxy sekarang ya!


Untuk Konsultasi Gratis Hubungi di Telp / Whatsapp

0811 111 264

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.